Kalian Pasti Belum Tahu! 10 Teknologi Trending 2018 yang Bisa Kalian Pelajari

Sumber Gambar
     Teknologi sudah  menjadi mitra bagi hampir setiap orang di dunia. Seakan - akan setiap orang tidak terlepas dengan kehadirannya. Jadi mau tak mau, kamu harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang erat kaitannya dengan teknologi.
     Teknologi dibuat untuk memudahkan aktivitas manusia, seperti 10 teknologi trending yang sedang banyak dibicarakan dan mengakuisisi pasar besar 2018 berikut ini yang tentunya bisa kamu pelajari lho :

     1. RPA (Robotic Process Automation)

Sumber Gambar
     Umumnya, pekerjaan apapun yang ada di setiap industri bersifat berulang bukan? Tetapi, dengan adanya RPA, pekerjaan dapat dilakukan secara otomatis lho. RPA memungkinkan kamu untuk dapat mengotomatiskan pekerjaan rutin dan berulang tersebut. Jadi dengan RPA, produktivitas perusahaan dapat meningkat secara keseluruhan dan menghemat waktu serta uang.
     RPA juga memiliki banyak fitur keren lho, misalnya tidak perlu keahlian pengkodean. RPA hadir dengan alat seret dan lepas sederhana, dan kamu dapat mengotomasikan pekerjaan yang berulang tanpa mengubah teknologi bawaan. Nah, RPA ini dapat diimplementasikan menggunakan berbagai alat lho. Tiga alat teratas meliputi; UIPATH, BLUERISM, dan AUTOMATION dimanapun kamu mau. 

      2. i-Apps

Sumber Gambar
     Sekarang beralih ke aplikasi cerdas, yang dikenal dengan istilah i-Apps. I-Apps adalah perangkat lunak atau software yang dikhususkan untuk perangkat seluler berdasarkan kecerdasan buatan dan mesin teknologi pembelajaran untuk mempermudah tugas sehari - hari.
     Contoh tugas i-Apps adalah untuk keperluan pengorganisasian, memprioritaskan e-mail, rapat penjadwalan, logging interactions, konten dan lain -lain. Beberapa contohnya adalah Chat Bots dan Virtual Assistance.

     3. Internet of Things (IoT)

Sumber Gambar
     Seperti namanya, IoT bertugas menghubungkan hal - hal atau objek yang berbeda di lingkungan kamu melalui sensor cerdas yang memungkinkan untuk mengirim dan menerima data. Ini termasuk semua hal dari ponselmu, kulkas, mesin cuci, bahkan hampir semua hal yang bisa kamu pikirkan, hebat bukan? Jadi dengan IoT, kamu dapat hidup di kota pintar dengan sistem lalu lintas yang dioptimalkan, limbah yang efisien, dan penggunaan energi yang teratur dengan baik.
     IoT pada dasarnya adalah jaringan raksasa pada perangkat, yang terhubung dengan semuanya, yang bertugas mengumpulkan dan berbagi data, tentang bagaimana objek digunakan, dan dimana mereka beroperasi. Jadi dengan demikian, perangkatmu akan belajar dari pengalaman perangkat lain, seperti yang manusia lakukan. IoT sedang memperluas keterkaitan dengan manusia, yaitu berinteraksi, berkontribusi, dan berkolaborasi dengan semua hal.

     4. DevOps


Sumber Gambar
     Sebelum kita bahas, penulis kasih tahu, kalau DevOps bukanlah sebuah teknologi, melainkan sebuah metodologi, yang memastikan bahwa pengembangan dan operasi berjalan beriringan. DevOps life-cycle digambarkan sebagai infine loop yang mewakili integrasi pengembang, dan tim operasi dengan mengotomasi infrastruktur, alur kerja, dan pengukuran aplikasi yang secara terus - menerus bekerja. DevOps pada dasarnya adalah proses perbaikan berkelanjutan.

     Sekarang sudah banyak perusahaan yang menggunakan DevOps, seperti Facebook, Amazon, Netflix, dan sebagian besar perusahaan besar di luar sana. Mereka menggunakan DevOps karena DevOps memberikan siklus hidup yang lebih pendek pada pengembangan software. Kualitas software yang dihasilkan jauh lebih baik daripada model sebelumnya. DevOps juga memberikan kamu lingkungan kerja yang lebih bagus. Ada banyak alat DevOps yang tersedia di pasaran, yang paling populer antara lain; GIT, JENKINS, PUPPET, CHEF, DOCKER, ELK, dan banyak lagi.

     5. Angular dan React

Sumber Gambar
     Angular dan React adalah kerangka kerja Java Script yang paling populer untuk membuat aplikasi Web Modern. Dengan menggunakan Angular dan React, kamu dapat membuat aplikasi web yang sangat modular, jadi kamu nggak perlu banyak merubah basis kodemu untuk menambahkan fitur baru. Angular dan React juga memungkinkan kamu untuk membuat aplikasi seluler asli, dengan Java Script, CSS, dan HTML yang sama.
    Terlebih, Angular dan React itu open source dengan komunitas yang sangat aktif.

     6. Cloud Computing

Sumber Gambar
     Ini adalah teknologi yang paling trending, karena memungkinkan perusahaan untuk menghemat uang dan menyederhanakan kehidupan pengguna. Setiap harinya banyak perusahaan yang mengalihkan infrastrukturnya di Cloud, karena Cloud itu cepat dan scalable, dapat diakses dimana saja, tidak ada biaya dimuka, dan memberikan keamanan yang lebih baik. Sekarang sudah banyak penyedia Cloud di pasaran, misalnya layanan web Amazon, Microsoft Azure, Salesforce, IBM, Google, dan lautan digital lainnya. Terdapat banyak persaingan di pasaran, akan tetapi layanan web Amazon adalah yang terbaik berdasarkan market share. 

     7. Big Data

Sumber Gambar
     Big Data telah memengaruhi lanskap IT  di luar imajinasi. Big Data mengacu pada masalah yang terkait dengan pemrosesan dan penyimpanan berbagai jenis data. Sebagian besar perusahaan saat ini bergantung pada analisis Big Data untuk mendapatkan informasi yang banyak tentang pelanggan, penelitian produk, inisiatif pemasaran, dan banyak lagi tentang mereka.
Kejutannya, Big Data juga membantu Jerman memenangkan Piala Dunia 2014 lho, hebat bukan? 
     Big Data sekarang dapat digunakan di berbagai domain, ritel, asuransi, perawatan kesehatan, perbankan dan keuangan.

     8. AR & VR — Virtual Reality

Sumber Gambar
     Virtual Reality adalah ketika kamu menggunakan lingkungan buatan atau artifisial, yang dibuat dengan software, dan disajikan kepada pengguna sedemikian rupa, sehingga pengguna menganggapnya sebagai lingkungan nyata. Seperti yang ada di film Matrix, VR adalah lingkungan simulasi komputer yang dapat kamu gunakan untuk berjalan - jalan dan berinteraksi dengannya.
     Sedangkan Augmented Reality menggabungkan Virtual Reality dengan dunia nyata dalam bentuk live atau video langsung.
     VR dan AR memiliki banyak terapan di kehidupan nyata, sebagai contoh, mahasiswa kedokteran menggunakan AR untuk berlatih pembedahan. AR juga digunakan pada banyak game seluler dan aplikasi, yang bekerja pada umpan video kehidupan nyata. Contoh game yang menggunakan AR adalah Pokemon Go, yang menghasilkan 600 juta dolar Amerika dalam pendapatan AR-Mobile tiga bulan pertama saja.

     9. Blockchain

Sumber Gambar
     Nah, yang udah pernah main Bitcoins pasti udah tahu apa itu Blochain. Blockchain pada dasarnya adalah teknologi yang menjalankan Bitcoins. Bitcoins adalah cryptocurrency digital pertama di dunia dan itu adalah masa depan perekonomian dunia lho guys.

    10. Artificial Intelligence

Sumber Gambar
     Terakhir adalah Artificial Intelligence atau yang biasa disebut AI. AI pertama kali diciptakan pada tahun 1952 oleh John McCarthy, akan tetapi karena kurangnya data dan daya komputasi, AI tidak cocok pada waktu itu. Tetapi sekarang, dengan jumlah data yang sangat besar dan daya komputasi yang besar, AI sangat dimungkinkan dan spesial, dengan munculnya teknologi seperti Deep Learning dan Learning Machine.
     Artificial Intelligence pada dasarnya menciptakan software yang cerdas, mesin yang memiliki kemampuan berpikir, menganalisis, dan membuat keputusan berdasarkan sejumlah besar data yang dimiliki. Oleh karena itu, ada yang bilang, "Data adalah minyak baru abad ke-21." Tentunya, persaingan raksasa IT dunia pada bidang AI telah dimulai, wow.
     Itulah 10 Teknologi Trending 2018 yang bisa kalian pelajari guys, hebat bukan? Jangan lupa untuk berlangganan website kami, dan share jika kamu tertarik.

0 komentar: